Blog

Zerif supports a custom frontpage

Menghitung BEP untuk Multi Produk

Dalam kesempatan yang lalu telah kita singgung bagaimana menghitung BEP untuk produk tunggal, kali ini akan saya jelaskan tentang bagaimana menghitung BEP dengan banyak produk. Memang dalam prakteknya, kita biasanya menjual lebih dari satu produk. Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana menghitungnya?

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Cara Sederhana Membuat Catatan Keuangan

Saat menjalani usaha, membuat catatan keuangan usaha adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa tidak untuk dilakukan. Namun, terkadang banyak pengusaha malas melakukannya dengan berbagai alasan.

Untuk kali ini saya akan membagikan cara yang biasa saya lakukan saat membuat catatan keuangan usaha saya. Ini adalah pengalaman yang kami dapatkan saat mengutak atik catatan keuangan yang menurut saya sederhana dan dapat mudah dipahami oleh saya sendiri awalnya.

Setelah melakukan beberapa penyesuaian, kami berpikir tidak ada salahnya jika pola yang saya miliki ini dibagikan ke kawan kawan.

Dalam tutorial kali ini, saya akan memberikan 2 hal, pertama file excel yang dapat konkawan gunakan sebagai contekan, silahkan modifikasi sesuai kebutuhan dan yang kedua adalah video tutorialnya.

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Berkenalan dengan Free Cash

Pertama sekali berkenalan dengan kata free cash sekitar 2tahun lalu. Sejak mulai menjalankan program khusus di facebook. Waktu itu ada seorang AAM (agak agaknya Mastah) yang sering komen di status – status saya. Dalam satu kesempatan kami diskusi soal business model. Jujur waktu itu pengetahuan saya soal istilah – istilah bisnis sangat minim. Termasuk salah Read more about Berkenalan dengan Free Cash[…]

Perbedaan Laporan Laba Rugi dan Arus Kas

Dari 14 Angkatan kelas Sadar Uang Bisnis, saya menemukan bahwa kebanyakan peserta masih bingung membedakan laporan laba rugi dan arus kas. Kedua laporan ini memang memiliki fungsi dan sifat yang berbeda. Namun tidak sulit kok untuk membedakannya. Secara definisi, Laporan laba rugi adalah laporan yang disusun secara sistematis tentang pendapatan – pendapatan dan beban yang Read more about Perbedaan Laporan Laba Rugi dan Arus Kas[…]

Financial Check Up : Cara Menilai Kesehatan Keuangan Kita

Uang bukanlah segalanya, namun ia mempengaruhi setiap hal kecil dalam hidup. Untuk itu, perlu kita tahu seberapa sehat keuangan kita

Bicara soal uang memang gak ada habisnya. Selalu ada hal berkembang lainnya yang terjadi. Walau sebenarnya ilmu keuangan begitu begitu saja, yang membuatnya dinamis adalah pengaruh yang ia ciptakan dalam hidup.

Sebagian orang begitu membenci uang, baginya uang adalah sumber masalah. Namun di sisi yang lain ada orang yang bekerja mati matian mengejar setiap rupiah lalu mengumpulkannya hingga ia mati.

Namun terlepas dari kedua ekstrimis uang di atas, saya akan sharing sedikit tentang bagaimana mengetahui seberapa sehat keuangan kita pribadi hari ini. Hal yang sama bisa juga digunakan untuk mengukur kesehatan keuangan usaha. Apa saja yang perlu diperhatikan?

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Proposal Usaha Dan Zakat Usaha

Tahapan terakhir dari proses membangun bisnis adalah duplikasi usaha.

Dimulai dari Mengejar Omzet ==> Memperbaiki Profit ==> Sistematisasi dan Terakhir Menduplikasi Usaha

Apa itu menduplikasi usaha?

Jika kita yakin bahwa bisnis yang kita jalani ini menguntungkan dan dibutuhkan banyak orang, tentunya kita akan berusaha menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan kita jelas, ingin “membantu” banyak orang dengan produk dan layanan yang kita berikan.

Aktivitas menjual kita pahami sebagai aktivitas membantu yang dibayar

Untuk dapat melakukan duplikasi usaha, ada dua cara yang dapat kita tempuh, membuka cabang dan membangun kemitraan.

Membuka cabang artinya seluruh sistem bisnis kita sediakan sendiri dari awal hingga berjalan. Sedangkan membangun kemitraan itu berarti kita melibatkan orang lain dalam proses pendirian “cabang baru”, kita hanya menyediakan panduan membuka usaha, untuk SDM dan modal disediakan mitra.

Membuka cabang sendiripun kita terkadang terbentur pada masalah permodalan.

Kita butuh bantuan “investor” untuk menyuntikkan sejumlah dana, agar proses pembukaan cabang dapat dilaksanakan.

Nah, bagaimana kita meyakinkan investor? Dengan proposal usaha tentunya, lalu apa saja yang perlu disampaikan di dalam proposal usaha sehingga investor yakin menanamkan dananya ke dalam bisnis kita? 

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Menyiapkan Bemper Bisnis

 

Kita pasti sepakat bahwa tidak selamanya laut itu tenang, akan ada riak riak gelombang yang datang. Mulai dari yang kecil hingga badai. Namun, semua tetap harus di hadapi kan?

Begitupun dalam bisnis, akan ada masa dimana bisnis tak berjalan seperti yang diharapkan. Bisa karena kesalahan yang disebabkan kita sendiri atau disebabkan oleh orang lain. Untuk itu, kawan kawan perlu “bersiap- siap” sebelum kondisi buruk itu datang.

Apa saja yang perlu disiapkan agar saat kondisi buruk terjadi, kita dapat tenang melaluinya.

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Strategi Laba

Pelajaran pertama dalam mengembangkan bisnis adalah memahami tahapan dalam mengembangkan bisnis itu sendiri.

Di awal memulai bisnis, kita fokus untuk “mengejar omzet” yang penting tidak rugi aja. Langka kedua adalah bagaimana kita mulai memperhatikan “profit/ laba”.

Kita tidak mungkin lagi menentukan harga jual tanpa memperhatikan laba dari setiap penjualan. Apalagi jika biaya operasional meningkat dengan bertambahnya kegiatan usaha seperti bertambahnya tenaga kerja.

Lalu, apa saja hal – hal yang harus diperhatikan jika ingin menentukan laba yang tepat bagi usaha kita?

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us

Kesalahan Umum Keuangan

 

Bismillah

Jika kita membaca buku – buku penjualan maka kita akan menemukan sebuah pernyataan bahwa “no selling, dying” jika kita tidak ada penjualan maka bisnis kita akan sekarat. Karena memang penjualanlah yang memberi makan bisnis kita. Apapun bisnis, penjualan adalah ujung tombak yang menghasilkan “makanan” bagi bisnis.

Tapi, kawan – kawan juga perlu pahami bahwa jantung dari bisnis itu adalah “Manajemen Keuangan” nya. Sehebat apapun penjualan, jika kita gagal mengelola uang yang masuk maka gak ada artinya sama sekali. Penjualan banyak tapi uangnya gak nampak. Sedih kan?

Pernah mengalami? Penjualan banyak, tapi setiap akhir bulan di cek saldo uang itu menguap entah kemana, alias uangnya gak nampak.

You need to login to view the rest of the content. Please . Not a Member? Join Us